Jul 20, 2010

Hidup Layaknya Anak Kecil


saat kita kecil, hidup layaknya sebuah keajaiban. tidak ada penderitaan dan kekecewaan, yang ada hanyalah kesenangan, kegembiraan, dan keceriaan. hidup layaknya sebuah cerita dongeng yang menarik untuk diikuti kelanjutan ceritanya, dan kita selalu yakin bahwa esok hari akan ada cerita-cerita indah dan menarik yang bakal kita temui. pada saat kita kecil, kita dengan jujur mencintai diri kita apa adanya dan tidak pernah mengeluh akan apa yang telah kita capai dan dapatkan.

namun semakin kita tumbuh dewasa, pikiran kita menjadi semakin rasional dan mulai tumbuh benih-benih ketidakpastian di hati kita. kita mulai merasakan penderitaan, kekecewaan, dan perasaan-perasaan negatif lainnya. ada kalanya hati kita juga mulai dihinggapi oleh keraguan akan masa depan kita. kita menjadi orang yang tidak melihat hidup layaknya sebuah cerita dongeng, namun seperti cerita-cerita film yang penuh dengan masalah, konflik, dan hal-hal buruk lainnya. saat kita kecewa, kita mulai kehilangan arah dan takut untuk melanjutkan melangkah. hingga kita pun akhirnya mulai tidak percaya dengan diri kita dan tidak lagi mencintai diri kita apa adanya. kita mulai mengeluh akan kehidupan yang telah diberikan dan tentu saja ingin lari dari kenyataan.

sebenarnya, tidak ada yang berubah dalam kehidupan. hanya pikiran kitalah yang menciptakan perubahan itu sendiri. hidup sebenarnya tetap berjalan seperti biasanya seperti saat kita masih kecil. masih banyak keajaiban yang ada di sekitar kita, hanya kita terkadang lupa atau tidak melihat keajaiban-keajaban tersebut. mungkin kita perlu belajar dari anak kecil, yang selalu melihat hidup penuh dengan keindahan dan keajaiban. mungkin dengan ini kita akan diingatkan untuk dengan tulus dan jujur mencintai diri kita apa adanya.

=======

(tulisan ini terinspirasi setelah mendengar lagu dari 'Red House Painters - Have You Forgotten')

Related Articles

2 comments:

  1. Pondra, terimakasih..

    darimu, banyak inspirasi yang kudapatkan...
    aku banyak belajar darimu, teman :)

    dari semua kerendahan hatimu, dari semua karakter baik yang kau perankan setiap kali bertemu denganku dan orang-orang lain di dunia ini..aku sangat menghargaimu :)

    tulisanmu sangat bagus!

    MASA KECIL, ya, aku amat sangat bersemangat ketika membayangkan masa kecilku dulu. Kenakalanku, kepolosanku, dan kesemua sifat aneh dan lucu yang kupunya..
    aku selalu merindukannya, merindukan sebuah proses yang telah mengantarkanku ke masaku sekarang ini :)


    keep inspiring, Pondra :)

    ReplyDelete
  2. terima kasih juga ya Ikha atas komennya.
    kamu orang pertama yang menulis di komenku lho.. heheh
    inspirasi2 itu datang dari orang-orang dan teman-teman semua og, termasuk dirimu Ikha..

    aku juga banyak belajar banyak tentang arti kehidupan darimu Ikha. apalagi blogmu tulisannya juga bagus-bagus, jadi bisa menambah inspirasi dh.. heheh :-)

    keep inspiring juga Ikha..
    semoga semangat masa kanak-kanak kita (yang selalu ingin belajar dan berkembang) tidak pernah padam..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.