Jan 1, 2011

So Long Lonesome, Welcome Change


selamat tinggal tahun 2010, selamat datang tahun 2011. sepertinya 2010 berlalu dengan sangat cepat dan meninggalkan banyak sekali kenangan. mungkin boleh dibilang tahun 2010 bukanlah tahun yang istimewa, namun sepetinya tahun 2010 telah mengajarkan banyak hal kepadaku.

bagiku tahun 2010 adalah tahun kontemplasi, tahun di mana aku banyak belajar akan arti kegagalan, kekecewaan, penyesalan, keputusasaan, kesuksesan, semangat, dan harapan. ataupun pelajaran-pelajaran yang lebih spesifik, seperti pelajaran untuk menghargai perbedaan, peljaran untuk bangkit dari keterpurukan, pelajaran akan pentingnya persahabatan, pelajaran untuk bertahan saat kekecewaan melanda, dan pelajaran untuk selalu mencintai orang lain apa adanya. meskipun tahun ini aku tidak menninggalkan kota ini untuk beberapa hari/bulan seperti tahun-tahun sebelumnya, namun setidaknya jika dipikir-pikir lagi, banyak kejadian yang menarik di tahun 2010 kemarin.

semoga di tahun 2011 ini, apa yang belum terwujud di tahun 2010 bisa segera terwujud dan menjadikanku menjadi manusia yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

I think I should stop making New Year resolution for now, cos sooner it will only be forgotten promises. What I have to do right now is making commitment to be someone better next year.

Related Articles

4 comments:

  1. Tahun 2011: Bukanlah tahun Milik Saya

    Bingung mau memulai dari mana kalaeidoskop tahun ini. Karena dimulai dari segi manapun, tidak ada yang dapat saya ceritakan di tahun 2011. satu hal yang pasti, tahun 2011 bukanlah tahun yang bagus bagi saya. hanya ada satu hal yang menarik di tahun 2011 ini, tepatnya saat saya memenangkan lomba blog di kota Solo tercinta. Saya memang mendapat piala dan uang binaan. Namun setelah itu, semuanya hanya tingga kenangan. Uangnya pun juga telah habis untuk membiayai kuliah saya yang hingga saat ini belum selesai. memang hadiah berupa uangnya terbilang besar. namun setelah saya pikir-pikir kembali, ternyata ada hadiah yang lebih besar dari uang tersebut. yaitu teman sesama blogger yang saya kenal hingga sekarang. itulah hadiah sebenarnya dari lomba blog yang saya ikuti kemarin.

    dan untuk hal yang lain, tidak ada hal yang menarik sama sekali. bahkan bisa dibilang tahun 2011 adalah tahun yang paling buruk dan membosankan bagi saya. tahun 2011 berlalu dengan kesia-siaan. skripsi yang tidak kunjung selesai, tidak ada pekerjaan yang dilakukan, dan saya pun menjadi orang yang tidak memiliki tujuan sama sekali di tahun 2011.

    coba bayangkan, saat teman-teman yang lain telah mendapatkan pekerjaan, dan memulai hidup baru, saya hanya bisa berdiam diri tanpa melakukan apa-apa. tanpa tujuan hanya kesana-kemari menghabiskan hari. ungkapan yang pesimis memang, namun lebih baik saya mengekspresikan kepesimisan dan kekecewaan saya sekarang. agar sesegera mungkin saya melepas kepesimisan dan kekecewaan tersebut. sehingga besok, saya tidak lagi terbebani oleh hal-hal tersebut dan akhirnya mulai berani untuk maju dan berkembang.

    kebosanan melanda saya di tahun 2011, dan hal tersebut diperparah dengan perasaan tidak berguna. puncaknya terjadi di bulan Desember 2011, saat penyelenggaraan ASEAN Paragames berlangsung di kota Solo. entah kenapa saya dengan ringannya tanpa beban mundur dan melepaskan kesempatan emas untuk menjadi LO di acara tersebut. padahal itu merupakan kesempatan yang langka untuk mengembangkan diri. alasan saya pada saat itu sederhana; mengikuti kata hati. namun saya akhirnya menjadi ragu, apakah yang saya ikuti adalah benar kata hati? atau sesuatu yang lain? pikiran negatif dan rasa takut misalnya. Jika yang saya ikuti adalah rasa takut dan pikiran negatif, maka saya menjadi sedikit lebih tau membedakan mana kata hati dan rasa takut/pikiran negatif.

    jujur, saat acara ASEAN Paragames 2011 berlangsung, perasaan ketidakbergunaan saya semakin meningkat drastis. saat teman-teman yang lain mengikuti acara tersebut, saya hanya bisa berdiam diri di rumah, termenung, menyesal, tanpa bisa berbuat apa-apa. penyesalan memang biasanya datang terlambat, namun mau bagaimana lagi waktu tidak bisa kembali. Mungkin salah satu lagu yang mampu merangkum tahun 2011 bagi saya adalah lagu milik The Weepies yang berjudul Not Your Year; just maybe 2011 was not my year.

    Saya tidak tau, hikmah apa yang saya dapatkan dari hal tersebut. Mungkin satu hal yang saya tahu ialah, penyesalan tersebut mengajarkan kepada saya untuk berani menangkap peluang dan lebih berani dalam mencoba hal yang baru, hal yang belum pernah saya kerjakan sebelumnya. Karena jika saya tidak berani mencoba dan menangkap peluang tersebut, maka akan muncul penyesalan yang tiada guna pada akhirnya. Tidak apa-apa jika berbuat salah saat mencoba, yang terpenting telah berani mencoba.

    Jika ada hikmah lain selain yang saya sebutkan tersebut, mungkin hikmah tersebut belum ditunjukan kepada saya hingga saat ini.

    ReplyDelete
  2. Saya tidak tau mengapa tahun 2011 begitu buruk bagi saya, apakah karena saya memulai tahun 2011 dengan perasaan dan emosi yang salah? Saya mengakhiri tahun 2010 dengan perasaan kecewa karena patah hati 2 kali, ditambah dengan perasaan iri (dan menutup-nutupinya) akan keberhasilan teman yang mampu meraih salah satu mimpinya. Dua buah perasaan negatif untuk mengawali tahun memang.

    Jika dua perasaan tersebut merupakan penyebab kegelisahan dan kegagalan saya di sepanjang tahun 2011, maka saya akan mengakhiri tahun 2011 ini dengan perasaan yang lebih positif. Dan tentu saja memulai tahun 2012 dengan perasaan yang positif juga. Saya akan memancarkan getaran-getaran positif agar saya menarik hal-hal positif ke dalam kehidupan saya. Dan diharapkan tahun 2012 besok, saya akan mendapat banyak sekali kelimpahan, keberuntungan, keberanian, kebahagiaan, dan tentu saja pengalaman-pengalaman berharga yang mampu mengembangkan diri saya. Dan tidak lupa, mimpi-mimpi saya pun akan tercapai dengan mudah dan segera di tahun 2012.

    Dalam hukum tarik menarik, apa yang kita ungkapkan ke dunia adalah apa yang akan kita tarik di kehidupan kita. Semoga ungkapan positif di akhir tulisan ini menjadi suatu ungkapan untuk menarik hal-hal positif, hal-hal menarik, serta mimpi-mimpi saya tersebut. dan tahun 2012 pun menjadi awal dari kesuksesan saya.

    ReplyDelete
  3. wah.. ada yg baca juga tulisan ini. padahal dah aku tutup2in biar gak dibaca. hehe

    tapi trims sudah meng-Aminin doa positif di atas. :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.