Sep 26, 2011

#65 Menghargai Perbedaan


tidak ada manusia yang diciptakan sempurna dan sama persis. satu hal yang pasti, tiap manusia memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya. perbedaan tersebut memang kerap kali bisa menimbulkan konflik, namun sebenarnya bukan untuk itulah perbedaan tersebut diciptakan. mungkin perbedaan diciptakan untuk memberikan variasi di dunia ini. bayangkan jika tidak ada perbedaan.. maka dunia pun akan tampak sama dan membosankan.

sebenarnya konflik terjadi jika manusia mengijinkan perbedaan itu sebagai konflik. namun konflik tidak akan bertambah parah jika manusia itu mau menghargai dan menerima perbedaan sebagaimana adanya. memang konflik tidak hilang begitu saja dengan menghargai dan menerima perbedaan. setidaknya dengan menghargai perbedaan, konflik tidak meradang dan menjadi suatu kebencian.

bukankah ada pepatah yang menyebutkan bahwa 'perbedaan itu indah'. dengan menghargai perbedaan, manusia akan menemukan suatu kedamaian dan kenyamanan. perasaan takut dan was-was pun akhirnya dapat direduksi menjadi perasaan cinta dan kasih sayang. yang tentunya akan membawa kenikmatan bagi umat manusia.

"kita hidup penuh dengan perbedaan, baik agama, suku, dan sebagainya. kita pun bisa berbeda di setiap ruang dan waktu. yang sama biarlah sama. jadikanlah perbedaan itu sebagai lahan untuk melatih diri untuk saling menghargai"
(Gede Prama)

Related Articles

2 comments:

  1. kalo semisal semuanya sama pasti tidak ada harmonisasi, hidup rasanya menjadi aneh

    ReplyDelete
  2. Allah pun menciptakan kita berbeda untuk belajar dari satu sama lain

    ReplyDelete

Powered by Blogger.