Jul 28, 2010

Live, Love, and Laugh: seandainya kesempatan hidup kita tinggal hari ini..


saat engkau bangun di pagi hari dan mendapati Tuhan mengingatkan bahwa hari ini adalah hari terakhir kau di dunia, apa yang akan kau lakukan?
apakah kau akan ketakutan dan menggigil kedinginan di dalam kamar tanpa melakukan apapun? atau kau akan melakukan semua hal yang belum sempat kau lakukan meski kau tahu bahwa tidak akan ada cukup waktu untuk mengerjakan semuanya..

akankah kau mulai berani mengungkapkan rasa cintamu, rasa syukurmu, rasa terima kasihmu kepada ibu dan ayahmu? atas semua yang telah mereka berikan kepadamu, atas semua kasih sayang yang mereka berikan kepadamu, dan semua kebahagiaan yang dibagikan kepadamu.. ataukah kau masih malu mengungkapkan semua itu karena kau merasa mereka belum seperti yang kau harapkan??
namun sebenarnya, bagaimanapun juga orang tuamu ialah orang yang paling sayang kepadamu, meski mereka mengungkapkan dengan cara yang tidak kau ketahui..

akankah kau keluar rumah dan membenamkan dirimu dalam rutinitas seperti biasa? atau kau mulai menyadari keindahan-keindahan dalam kehidupanmu?? akankah kau mulai menyadari betapa indahnya sinar matahari, langit yang biru, rerumputan di bawah kakimu, hujan yang membasahi bajumu, dan bahkan orang yang berlalu lalang di hadapanmu..

akankah kau mulai mencintai dirimu apa adanya? dengan segala kelebihan dan kelemahannya.. atau kau semakin membenci dirimu karena terlalu banyak masalah yang menimpamu??

akankah kau mulai lebih memperhatikan sahabat-sahabatmu? akankah kau mulai menyadari pentingnya persahabatanmu? akankah kau mulai ada saat mereka butuh, saat mereka ingin menceritakan kesedihan dan masalahnya kepadamu, atau saat mereka hanya ingin didengar olehmu.. akankah kau mulai memberikan waktumu dan keberadaanmu untuk menghibur dan menemani mereka saat mereka jatuh? ataukah kau malah membuat mereka tersiksa dengan rengekanmu dan keluh kesahmu??

akankah kau mulai menyadari dan memperhatikan teman-temanmu? teman-teman yang berbeda minat denganmu, teman-teman yang tidak begitu akrab denganmu, dan teman-teman yang kamu rasa kurang begitu penting untukmu.. akankah kau mulai menjalin persahabatan dengan mereka, atau meninggalkan mereka begitu saja karena kamu merasa tidak mendapatkan apa-apa berteman dengan mereka..

akankah kau mulai menyadari orang-orang yang mencintaimu dan menyayangimu? orang-orang yang senantiasa ada saat kau butuh, orang-orang yang selalu memberikan waktunya untukmu, orang-orang yang selalu memberikan pelajaran berharga kepadamu, dan orang-orang yang selalu mendoakan keselamatanmu..

akankah kau mulai menyadari bahwa kau tidaklah selalu benar dan orang lain selalu salah? akankah kau mulai menyesali kesalahanmu dan meminta maaf kepada orang-orang yang pernah kau sakiti.. ataukah kau tetap mempertahankan pendapatmu bahwa kau orang yang paling benar di dunia ini??

akankah kau mulai menyadari nikmat-nikmat yang Tuhan berikan kepadamu? masa kanak-kanakmu, masa remajamu, dan masa dewasamu.. akankah kau mulai mensyukuri apa yang telah kau dapat, yang telah kau berikan, dan yang akan kau dapatkan.. ataukah kau hanya menganggapnya sebagai masa lalu??

akankah kau masih yakin akan impian, harapan, dan cita-citamu? akankah kau masih yakin akan meraihnya meski kau tahu tidak ada waktu untuk mewujudkan semua itu.. ataukah kau akan meyerah begitu saja dan melepaskan semua impianmu bersamaan dengan kepergianmu??

di malam hari, akankah kau mulai mempersiapkan bekal untuk perjalanan panjangmu? untuk menemui Tuhan dan menghadap kepada-Nya.. ataukah kau hanya akan duduk di depan televisi dan menyaksikan tayangan yang tidak bermanfaat bagimu?

dan akankah kau mulai berani untuk menangis di hadapan orang-orang yang kau sayangi? atau kau akan tertawa riang untuk menutupi dan membohongi kesedihanmu, agar kau terlihat kuat dan tegar di hadapan mereka..
tidak semua air mata menggambarkan kelemahan.. air mata dapat melukiskan sebuah kekuatan, dan kerendahan hati.. air mata mengingatkan bahwa manusia tidaklah sempurna, manusia memiliki kelemahan, dan perasaan yang dapat terluka..

dan pada saatnya.. saat kau pergi meninggalkan orang-orang yang kau sayangi.. apakah kau ingin orang-orang yang kau sayangi hanya mengucapkan salam perpisahan saja, ataukah kau ingin mereka mengatakan bahwa kau adalah orang yang terhebat yang pernah mereka kenal??

semuanya tergantung kepadamu.. apa yang akan kamu lakukan dengan sisa usiamu...



'kabar gembiranya, Tuhan tidak memberitahukan jatah usia manusia.. hal ini memberikan kesempatan kepada kita agar kita selalu memberikan yang terbaik dalam mengisi kehidupan, kapanpun dan dimanapun..'

12/07/09

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.