Jan 10, 2011

Customer Service


Akhir-akhir ini, banyak urusan yang mengharuskanku untuk berurusan dengan seorang customer service. Hal inilah yang akhirnya mengusik pikiranku untuk mengamati lebih jauh tentang mereka. Dan jadilah tulisan ini, yang aku tunjukkan bagi para customer service.

Menjadi seorang customer service atau yang sering disebut dengan CS tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Jika boleh jujur, CS adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Meskipun mereka hanya duduk di belakang meja di tempat yang ber AC, namun mereka harus selalu memberikan senyuman dan melayani para pelanggan yang komplain. Coba bayangkan, dari pagi hingga sore hari, mereka harus selalu tampak segar dan cerah, meskipun bisa saja kehidupan pribadinya sedang mengalami masalah. Bisa saja mereka baru saja mengalami hari yang buruk sebelum datang ke tempat kerja, misalnya seperti diputus pacar, dimarahi atasan, ataupun hal yang lebih sederhana namun menjengkelkan seperti ban bocor saat berangkat ke tempat kerja.

Mungkin banyak orang berpandangan bahwa CS bukanlah pekerjaan yang hebat dan mulia. Namun jika dilihat lebih jauh dan diamati, sebenarnya CS adalah pekerjaan yang bisa dibilang lebih dari biasa. Karena mereka mampu memberikan kenyamanan, senyuman, kesabaran, dan solusi bagi para pelanggan yang komplain akan ketidakpuasan suatu pelayanan. Mereka memang bukanlah orang yng memiliki kekuatan super yang menjadikan mereka hebat. namun mereka hanyalah orang biasa yang mampu mengendalikan kesabaran dan emosi mereka untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada orang lain.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.