Jun 8, 2011

#82 Mengakui dan Mengungkapkan Kelemahan Diri dan Merasa Lega Telah Mengungkapkannya


"kelemahan saya adalah: terlalu santai dan sering menunda-nunda dalam mengerjakan sesuatu. sehingga pekerjaan pun akhirnya terbengkalai dan tidak selesai. selain itu, karena saya adalah seorang phlegmatis, maka saya lebih condong menjadi orang ynag introvert, pesimistis, dan menilai rendah diri sendiri."

itu adalah beberapa kelemahan yang saya miliki. kita semua pasti memiliki kelemahan, karena manusia diciptakan tidak hanya memiliki kelebihan, namun juga kelemahan.
mengakui kelemahan diri bukan berarti lemah. namun mengakui kelemahan diri berarti memanusiakan diri sendiri apa adanya. dengan mengakui kelemahan diri, kita tidak perlu mempertahankan image 'manusia sempurna' yang tidak pernah melakukan kesalahan. hal ini tentu saja akan membebaskan kita dari perasaan terbebani yang sangat-sangat menguras energi.
mengakui kelemahan diri juga berdampak baik bagi hubungan dengan orang lain. karena dengan mengakui kelemahan diri, orang lain akan lebih nyaman berhubungan dengan kita. hal ini dikarenakan orang lain juga akan merasa bahwa kita memiliki kelemahan layaknya mereka yang juga tidak luput dari kelemahan.
selain itu, dengan mengakui kelemahan diri kita pun akan mengetahui kelemahan kita yang sebenarnya. dan akhirnya kita pun mempunyai alasan yang jelas untuk memperbaiki diri.

"the greatest weakness of all is, the great fear of appearing weak"
Jacques Benigne Bossuel

Related Articles

7 comments:

  1. ah kamu pdhal mampu melakukan hal2 yang kamu pikir tak mampu kamu lakukan loh :D positive thinking ... nothing is impossible

    ReplyDelete
  2. yup.. positive thinking memang sangat diperlukan Riz dalam menjalani kehidupan ini..
    mungkin poin tentang positive thinking akan dibahas dalam postingan selanjutnya..

    ReplyDelete
  3. Kelemahan manusia yang lain adalah sulit mengakui kesalahan dan meminta maaf, kalo kelemahan saya itu orangnya pelupa

    ReplyDelete
  4. yup.. itulah kelemahan manusia yang sangat kentara..

    hmm... tapi dengan menulis blog, sifat pelupa tersebut pasti akan berkurang sedikit demi sedikit.. hehehe

    ReplyDelete
  5. MEnunda nunda itu wabah,,, semuaorang mengalaminya

    ReplyDelete
  6. @ Rizal: hmm.. betul juga. menunda itu wabah.. :-)

    ReplyDelete
  7. memang payah mengakui kelemahan diri..malu dgn org sekeliling..tpi saya suka brtanya apa kelemahan diri dgn org trdekat..yang pasti sikap ku degil & keras hati ( lahir dalam Bulan MEI )dan saya akui itu..:)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.