Nov 7, 2012

#1 Kehidupan



ya, kehidupan, hal sederhana yang terkadang sering kali kita lupakan kenikmatannya. karena kehidupanlah, kita ada di sini, sedang membaca tulisan ini. lebih jauh lagi, karena kehidupan pula lah, kita mampu mengenal keluarga, teman, sahabat, dan kekasih yang ada bersama kita. dan karena kehidupan pulalah, kita pun mampu mensyukuri berbagai macam hal yang telah diberikan oleh Sang Maha Pencipta.

kehidupan telah memberikan banyak sekali kenikmatan kepada anda dan saya. kenikmatan-kenikmatan yang senantiasa membuat anda dan saya memiliki sesuatu yang layak untuk disyukuri. dengan adanya kehidupan, kita semua mampu menikmati indahnya alam semesta, mampu merasakan kasih sayang dari orang-orang tersayang, merasakan sakitnya patah hati, atau juga indahnya jatuh cinta. kehidupan memberikan kesempatan kepada kita semua untuk berbuat kebaikan kepada orang lain. untuk berbuat sebanyak mungkin hal-hal baik yang mampu membuat hati anda dan orang-orang yang kita bantu tersenyum gembira. dan kehidupan pula lah yang telah mempertemukan saya dengan anda. baik dalam kehidupan nyata, atau hanya sebatas dalam dunia maya. mungkin jika tidak ada kehidupan, kita tidak akan memiliki semua kesempatan-kesempatan tersebut.

meski kita hidup, namun terkadang kita sering lupa bahwa kita sedang  hidup. dengan kata lain, masih sering kita mengeluh akan kehidupan yang telah diberikan oleh Sang Pencipta kepada kita. padahal kita telah diberikan kesempatan untuk menjalani kehidupan. namun, apakah kita telah melakukan yang terbaik untuk kehidupan kita? atau jangan-jangan, kita hanya menjalani kehidupan ini begitu saja?? memang terdengar sangat klise layaknya sebuah film atau buku dongeng bergambar. namun pernyataan tersebut ada benarnya. terkadang kita terlalu lupa untuk hidup dalam artian yang sebenarnya. kita terlalu disibukkan oleh rutinitas dan masalah yang membuat kita lupa akan kehidupan itu sendiri. dan kita pun menjadi lupa untuk bersyukur betapa berharganya sebuah kehidupan. bisa jadi, rasa kurang bersyukur tersebut dilakukan dengan berbagai cara seperti banyak mengeluh, hingga melakukan hal-hal konyol yang membuat kehidupan itu hancur dengan sendirinya. memang kehidupan tidak sesederhana yang ditampilkan dalam film atau buku cerita. namun setidaknya, kehidupan memberikan kesempatan untuk dijalani dan dinikmati layaknya sebuah film atau buku cerita. karena bagaimanapun rumitnya kehidupan, selalu saja ada cara untuk menikmatinya.

mungkin anda pernah melakukan salah satu hal berikut ini; melihat keluar jendela dan mengamati langit di atas sana, mengamati warna-warni alam yang terbentang di alam semesta, bersepeda di jalan raya nan lengang, atau mungkin hal yang lebih sederhana seperti mengingat masa-masa indah saat anda masih kanak-kanak.

jika anda mengingat masa kanak-kanak anda, terlepas betapa menyenangkan atau sulitnya masa kanak-kanak tersebut, pasti selalu saja ada kenangan indah yang mewarnai masa kanak-kanak anda. kenang-kenangan yang memberikan kesan mendalam hingga detik ini saat anda telah beranjak dewasa. kenangan yang mampu memberikan berbagai macam perasaan kepada anda; perasaan bebas dan positif yang bisa jadi telah menghilang saat anda mulai tumbuh dewasa. mungkin hal-hal yang telah saya sebutkan tersebut terdengar biasa saja, namun jika kelak anda sudah tidak memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal tersebut, anda pun akan sangat merindukan untuk melakukan hal-hal biasa tersebut. 

Apakah Kehidupan Itu? 

lalu apakah kehidupan itu? sebuah pertanyaan sederhana namun sering kali ditanyakan oleh banyak orang di dunia. John lennon pernah berkata bahwa "kehidupan adalah apa yang terjadi saat ini ketika anda sibuk merencanakan masa depan anda". dengan kata lain, kehidupan adalah saat ini; saat anda mampu membaca tulisan ini, saat anda merasakan nafas anda detik ini. kenangan memang sangat indah untuk diingat, namun bukan berarti kita harus hidup di dalam kenangan. begitu juga dengan masa depan, alangkah lebih baik jika kita memiliki impian akan masa depan, namun harus selalu diingat juga bahwa untuk mencapai impian tersebut, yang perlu dilakukan hanyalah melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan di hari ini. jadi saat inilah; saat-saat yang layak anda nikmati dan jalani. 

dulu, guru mengaji saya juga pernah memberikan sebuah pesan; sebuah pesan yang saya ingat hingga detik ini, meskipun saya telah lupa pesan tersebut secara detail. namun kurang lebih inti dari pesan beliau ialah seperti ini; "saat anda berada di ambang kehidupan, dan teringat akan kehidupan yang telah anda lalui, anda pun akan menyadari bahwa betapa indahnya kehidupan yang telah anda miliki". jadi, lalui kehidupan anda dengan segala kondisinya. dan jangan lupa untuk selalu nikmati dan syukuri apa yang dibawa kehidupan kepada anda. jangan sampai anda kehilangan momen paling berharga dari diri anda; yakni kehidupan anda sendiri.

"Life Is Beautiful"

Related Articles

4 comments:

  1. sayangnya masih banyak diantara kita yang 'menghidupkan' kehidupan mereka seperti yg dituliskan pada tulisan ini. Solusinya adalah saling mengingatkan akan syukur dan ikhlas

    ReplyDelete
  2. syukur dan ikhlas.. itulah kata kunci kebahagiaan. :)

    ReplyDelete
  3. dan illustrasinya pun sebuah pohon. hidup kita ada baiknya mencontoh pohon, akar yang kuat, batang yang terus menantang langit dan melihat dunia, daun yang rindang dan meneduhkan, bunga yang indah, dan buah yang mengenyangkan orang lain. :)

    ReplyDelete
  4. Setuju dengan komennya Diyah.
    pohon.. penuh dengan filosofi kehidupan. :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.