Feb 8, 2013

Lagu "Daur Ulang" yang Tidak Kita Sadari Sebelumnya


Cover version, atau lagu yang dinyanyikan ulang sepertinya telah menjadi daya tarik tersendiri di belantika musik dunia. Selain karena lagu tersebut telah dikenal sebelumnya, cover version menjadi magnet karena aransemen yang dimainkan berbeda dari versi asli. Tentu hal seperti itu memberikan sensasi tersendiri bagi pendengarnya. Ibarat sebuah pilihan, cover version menjadi opsi b atau c dari sebuah lagu.

Cover version sebenarnya bukan hal yang baru di industri musik. Sejak lama, sudah ada budaya menyanyikan ulang lagu-lagu lawas dengan aransemen baru, hanya saja tidak seprogresif tahun-tahun belakangan ini. Kenapa saya bilang tidak seprogresif tahun belakangan? karena pada jaman sebelum media penyedia musik berkembang seperti sekarang, lagu yang dinyanyikan ulang merupakan lagu yang menjadi hits atau populer di masanya.

Tidak seperti sekarang ini yang jauh lebih bebas dan terbuka. Didukung dengan teknologi internet yang berkembang pesat, menjadikan lagu daur ulang menjadi karya yang mudah ditemui dan dicari. Yang lebih unik lagi, bukan hanya lagu lawas yang dinyanyikan ulang, melainkan lagu populer pun tidak luput untuk di-cover dengan aransemen yang jauh berbeda. Jika anda penggemar musik cadas, pasti anda sudah akrab dengan seri Punk Goes dari Fearless Record. Yup, sebuah proyek cover album yang sangat laris dan sukses di kalangan anak muda jaman sekarang.

Akan tetapi, pada postingan kali ini saya tidak ingin menyinggung lagu daur ulang jaman sekarang, melainkan lagu daur ulang yang populer di jaman saya masih duduk di bangku SD hingga SMA. Lagu-lagu yang tentu saja sangat lekat dengan masa-masa Channel V, MTV di ANTV, sekolah, puberitas tahun 2000an, hingga masa-masa cinta pertama dan persahabatan masa SMA. Tentu saja lagu-lagu berikut sudah sangat akrab di telinga kita semua, terutama yang terlahir di era 80an dan besar di tahun 90an hingga 2000an awal.

Namun tahukah anda bahwa ada beberapa lagu daur ulang yang terdengar (terlihat) layaknya lagu original. Mungkn dikarenakan versi terbaru lagu tersebut jauh lebih terkenal ketimbang versi aslinya, sehingga lagu tersebut terkesan seperti lagu asli dari sang artis. Ditambah dengan peran media (dalam hal ini televisi dan radio) yang menyorot terlalu jauh akan cover version tersebut, menjadikan cover version itulah yang terkesan menjadi lagu asli.

Berikut adalah 9 daftar lagu cover yang dapat saya tulis. Bisa jadi anda belum menyadari sebelumnya bahwa sebenarnya lagu-lagu tersebut adalah lagu lawas yang diaransemen kembali.


1. Pearl Jam - Last Kiss 


Original version by "J Frank Wilson and the Cavaliers"



2. Mr. Big - Wild World


Original version by "Cat Stevens"



3. Ronan Keating - When You Say Nothing at All 


Original version by "Alison Krauss"



4. Boyzone - Baby Can I Hold You 


Original version by "Tracy Chapman"




5. Counting Crows (feat. Vanessa Carlton) - Big Yellow Taxi 


Original version by "Joni Mitchell"



6. Madonna - American Pie 


Original version by "Don McLean"



7. Sixpence None the Richer - There She Goes 


Original version by "The LA's"



8. Westlife - Season in the Sun 


Original version by "Terry Jacks"



9. McFly - You've Got a Friend 



Original version by "James Taylor"



===

Sebenarnya masih ada beberapa (atau mungkin masih banyak lagi) lagu-lagu cover yang tidak kita sadari sebelumnya. Namun berhubung terbatasnya informasi yang saya dapat, jadi hanya lagu-lagu itulah yang dapat saya tulis pada kesempatan kali ini. 

Untuk urusan kualitas mana yang bagus dan mana yang tidak, itu terserah anda menilainya. Karena dalam musik tidak ada namanya bagus atau jelek, namun selera lah yang menentukan musik mana yang cocok dengan telinga kita dan musik mana yang tidak sesuai.


Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.